Tes Psikologi Kepribadian

advertisement

Tes kepribadian merupakan tes berupa kuesioner atau instrumen standar lainnya yang didesain untuk mengungkapkan karakter seseorang. Tes kepribadian bukan tes untuk menjawab pertanyaan mana yang benar dan mana yang salah. Jawaban tes peserta digunakan sebagai analisis untuk menghasilkan respon yang konon merupakan kepribadian dari peserta.

Ada berbagai tes kepribadian yang bisa kita jumpai di internet. Hasil dari tes ini tentunya sudah diprogram sedemikian rupa. Secara sederhana, cara kerjanya misal jika peserta menjawab A pada soal, maka akan muncul suatu tanggapan, yang mana hal ini telah ditentukan oleh pembuat kuis.

advertisement

Hasil dari tes kepribadian yang dapat kita temukan secara online belum tentu benar. Jika Anda pernah mencoba tes kepribadian di internet dan ternyata hasilnya tidak akurat, hal itu sangat wajar. Itu adalah hasil algoritma buatan manusia. Apalagi kuis semacam itu mudah dibuat dengan asal-asalan.

Tes kepribadian pertama dikembangkan pada tahun 1920. Tes ini ditujukan untuk mempermudah dalam proses seleksi karyawan, khususnya tentara. Berbagai jenis tes kepribadian pun telah dikembangkan, salah satunya yang populer adalah tes MBTI (Myers Brigs Type Indicator).

Tes kepribadian kini diterapkan dlebih luas lagi, seperti dalam konseling individu dan pasangan, bimbingan karir, tes karyawan, dan sebagainya.

Sejarah Tes Kepribadian
Asal-muasal tes kepribadian dimulai sekitaran abad ke-18 dan ke-19. Pada waktu itu, kepribadian dinilai melalui frenologi (ilmu yang mempelajari hubungan tengkorak dengan karakter manusia), pengukuran tengkorak manusia, dan fisiognomi (ilmu membaca karakter seseorang melalui wajah).

Pada akhir abad ke-19, Sir Francis Galton mencoba pendekatan lain untuk menilai kepribadian seseorang. Galton memperkirakan jumlah kata sifat dalam kamus bahasa Inggris. Hal ini akhirnya disempurnakan oleh Thurstone menjadi 60 kata umum yang umum digunakan untuk mendeskripsikan sifat kala itu. Melalui analisis faktor tanggapan dari 1.300 peserta, Thurstone akhirnya berhasil mengurangi 60 kata sifat tersebut menjadi lima faktor umum.

Prosedur ini lalu dimanfaatkan oleh Raymond Cattell yang juga menghasilkan data yang pada akhirnya menunjukkan struktur lima faktor. Bekerja dengan para peneliti lainnya selama beberapa decade menghasilkan dukungan tambahan untuk struktur lima faktor. McCrae dan Costa mengoperasikan lima faktor kepribadian ke dalam ukuran yang disebut NEO-PI, yang merupakan salah satu jenis tes kepribadian yang populer hingga kini.

Tes kepribadian lainnya yaitu Woodworth Personal Data Sheet yang dikembangkan untuk Perang Dunia I sebagai tes untuk wajib militer baru.

Tes kepribadian ini ternyata menuai kritikan dan kontroversi. Berikut di antaranya.

Hasil tes yang bias
Salah satu masalah dalam tes kepribadian adalah penyelenggara tes hanya dapat menentukan keakuratan berdasarkan validasi subjektif yang terlibat. Penyelenggara tes harus menganggap bahawa tanggapan yang bersifat subjektif yang diberikan peserta tes mewakili kepribadian yang sebenarnya. Dengan tes ini, berarti seseorang menganggap bahwa kepribadian merupakan hal yang tetap pada diri manusia.

Riset psikologi
Tes kepribadian seringkali digunakan dalam riset psikologi untuk menguji berbagai teori kepribadian. Sebuah riste mengungkapkan bahwa pengamat yang tidak terlibat hubungan apapun dengan seseorang adalah lebih baik untuk menilai hubungan dan kemampuan seseorang. Peneliti telah mempelajari penyelidikan besar terhadap evaluasi diri, yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin memiliki pandangan yang keliru terhadap dirinya sendiri dan hubungan sosialnya, yang terkadang dapat menimbulkan keputusan yang berdampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain.

Untuk mengetahui seperti apa Anda, coba tanya ke orang lain, bukan sekadar menjawab pertanyaan tes kepribadian. Satu lagi yang perlu diingat adalah sifat manusia bisa berubah. Bisa saja hari ini seseorang bersifat A, besok berubah jadi B.

Informasi dalam artikel ini bersumber dari Wikipedia. Kritik dan saran silakan tulis di kolom komentar.

advertisement