Kumpulan Trik Sulap Koin

advertisement

Trik sulap koin (uang logam) merupakan salah satu sulap yang sederhana. Banyak pesulap yang menggunakan koin untuk bermain sulap. Dengan koin saja, pesulap bisa menampilkan aksi sulap yang dapat membuat penonton kagum dan heran bagaimana ia melakukannya.

Karena bentuk koin yang kecil, pesulap biasanya melakukan trik sulap koin secara jarak dekat dengan penonton, istilahnya close-up magic (sulap jarak dekat).

advertisement

Ada berbagai trik sulap koin, yang sangat umu adalah trik menghilangkan koin. Ada juga trik koin menembus benda padat, misalnya kaca.

Berikut ini kumpulan trik sulap koin.

1. Trik menghilangkan koin dari tangan
Trik ini saya tahu dari acara sulap yang pernah ditayangkan di salah satu TV. Kalau tidak salah ingat, nama acaranya Memang Sulap Memang Sihir, tayang di TV7 (sekarang Trans 7).

Pesulap meletakkan koin di salah satu tangannya, kemudian menutupinya dengan kain. Beberapa penonton diminta untuk memeriksa koin yang tertutup kain tanpa melihat koin itu, untuk memastikan bahwa koinnya benar-benar masih ada. Setelah beberapa penonton memeriksanya, pesulap membuka kain, dan koin sudah tidak ada. Bagaimana koin tersebut bisa hilang?

Triknya adalah salah satu penonton adalah suruhan si pesulap itu sendiri. Jadi, saat penonton tersebut diminta untuk memeriksa koin, penonton tersebut mengambil koin tersebut lalu menyembunyikannya. Tentu saja koin sudah tidak ada ketika pesulap membuka kain, lha wong udah diambil :D.

2. Trik sulap menebak koin tanpa melihat
Pesulap menyediakan koin dengan nominal yang sama di atas meja (misal koin Rp500) dengan burung garuda menghadap ke bawah. Kemudian meminta penonton menyuruh memilih angka. Setelah itu, pesulap menutup mata dengan penutup mata dan meminta sukarelawan untuk membalik sebanyak angka yang dipilihnya (misal 5). Terserah sukarelawan, apakah ingin membalik 5 koin atau 1 koin sebanyak 5 kali, intinya harus sesuai dengan angka yang dipilih tadi. Selanjutnya, sukarelawan diminta untuk menutup salah satu koin dengan tangannya. Pesulap kemudian membuka penutup matanya lalu berusaha menebak koin tersebut apakah garuda yang menghadap ke atas atau ke bawah dan tentu saja berhasil.

Bagaimana caranya? Kuncinya adalah dengan memperhatikan angka yang dipilih penonton dan melihat 4 koin yang tidak ditutupi tangan sukarelawan. Perhatikan apakah angka yang dipilih sukarelawan ganjil atau genap. Perhatikan pula jumlah koin dengan gambar garuda ada di sisi bawah.

angka pilihan penonton + jumlah koin dengan garuda di sisi bawah => koin yang ditutup

ganjil + genap => bukan

ganjil + ganjil => garuda

genap + ganjil => bukan

genap + genap => pancasila

3. Trik menghilangkan koin dalam gelas, tapi yang hilang malah gelasnya
Ini juga trik yang saya ketahui dari TV. Dulu belum ada internet, tahu trik sulap dari acara TV. Sulapnya begini, pesulap meletkkan koin di atas meja, kemudian menutupinya dengan kertas yang tidak terlalu lemas (misalnya karton). Untuk menjaga rahasia sulapnya, pesulap menutup gelas dengan kertas. Untuk memastikan bahwa koin itu masih ada, pesulap membuka koin yang ditutupi gelas dengan kertas. Kemudian pesulap menutup kembali koin tersebut. Bukannya menghilangkan koin, pesulap malah memukul kertas dan ternyata gelasnya yang tidak ada, bukan koinnya.

Triknya yaitu ketika pesulap membuka koin, pesulap menjatuhkan gelas di pangkuannya tanpa sepengetahuan penonton. Kemudian pesulap menutup koin seolah-olah di balik kertas masih ada gelasnya.

4. Trik sulap 3 koin
Trik seperti ini pernah saya saksikan dalam acara sulap luar yang tayang di TV Indonesia. Pada waktu itu ada segmen sulap interaktif. Jadi, penonton di rumah bisa bermain sulap dengan pesulap di TV. Bukan menggunakan koin sih, berhubung tulisan ini membahas tentang sulap koin, jadinya pakai koin saja deh. Intinya begini, penonton diminta untuk menyediakan tiga benda kemudian meletakkannya berjejeran. Kemudian penonton disuruh memindah benda beberapa kali. Selanjutnya, pesulap menebak benda yang berada di posisi paling kanan tanpa melihatnya.

Triknya begini, sediakan dulu koin Rp200, Rp500, dan Rp1.000. Sebenarnya sih terserah koin mana saja, asal berbeda. Penonton kemudian disuruh meletakkan koin secara berjejeran, urutannya terserah penonton. Pesulap menutup mata kemudian menyuruh penonton menggeser uang Rp500 ke kiri satu langkah (jika sudah berada di kiri, tidak usah digeser). Selanjutnya, geser ke uang Rp1.000 ke kanan (tidak usah digeser jika sudah berada di kanan). Pesulap kemudian menebak nominal uang yang ada di posisi kanan, dan tentu saja Rp1.000.

Itulah kumpulan beberapa trik sulap koin.

advertisement